Ketika seseorang ingin membeli barang dan jasa dari orang yang sudah dikenal, ada kalanya mereka meminta harga teman, yaitu harga yang lebih murah dibandingkan harga aslinya. Namun pantaskah meminta harga teman?

Kita pastinya sering mendengar kalimat-kalimat seperti ini ketika membeli barang dan jasa kepada teman:

  • Eh, tolong bikinin desain poster dong, kasih harga teman ya, kan cuma gambar doang, apa susahnya sih?
  • Lu jualan barang ini kan? Gue mau beli barang ini sama lu, tapi kasih diskon ya? Kan kita teman.
  • Lu ngerti soal komputer kan? Tolong bantuin gua betulin komputer dong. (Tanpa memberikan insentif apapun. Setelah ditolong, langsung menghilang)

Kata-kata seperti di atas hanyalah sebagian kecil contoh yang sering anda dengar, ataupun mungkin anda lakukan sendiri. Namun sangat tidak pantas untuk diucapkan. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa meminta harga teman itu tidak pantas dilakukan:

1. Kerja Keras

Ketika teman anda bisa menjual jasa tertentu, dia kan butuh latihan dan kerja keras yang tidak sedikit, makanya bisa menolong anda dengan cepat. Untuk teman anda yang bisa menjual barang tertentu, mungkin dia sudah membanting tulang untuk mencari supplier terbaik selama bertahun-tahun, sehingga bisa memberikan harga yang pantas.

Semuanya itu kerja keras! Tidak pantas untuk meminta diskon kepada teman yang sudah berjerih lelah untuk mendapatkan barang dan jasa yang dijualnya!

Image credit – FEE

2. Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Kalau anda tahu teman anda itu mengambil untung, ya jangan minta diskon dong. Namanya jualan ya pastinya ada ambil untung, karena dia sudah berusaha untuk memasok barang atau jasa yang dijualnya. Apalagi kalau keuntungannya itu dipakai untuk kebutuhan sehari-harinya.

Kalau kita menghargai teman kita yang berjualan seharusnya kita memberikan lebih untuk jerih payahnya, karena dia adalah teman anda! Namanya teman itu harusnya membantu, bukan malah menyusahkan di kala teman anda sedang berjualan untuk memenuhi biaya hidupnya sehari-hari.

Image credit – Ibnoe Yasduri

3. Karena Dia Adalah Teman!

Jika anda punya teman, namun anda selalu memanfaatkannya, anda bukanlah teman, namun hanyalah perampok bagi teman anda itu. Namanya teman itu didukung, apalagi jika teman anda sedang susah.

Tidak ada salahnya mendukung teman, apalagi teman baik anda. Jika anda merupakan teman sejati, tidak akan pernah ada kata-kata harga teman yang keluar dari mulut anda.

Image credit – WellTunes

Kesimpulan

Jika anda selalu meminta harga teman, sebetulnya anda berniat untuk merampok teman anda. Tidak pantas apabila anda mengambil rezeki dari teman yang anda kenal, apalagi jika sudah kenal lama dan anda tahu tentang apa yang dikerjakannya.

Kecuali jika teman anda sendiri yang menawarkannya. Namun jangan pernah meminta harga teman. Belajarlah beretika.